7 Fakta Menarik Tentang Kucing Hitam

kucing hitam
Kucing pada dasarnya adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan.

Namun dari beberapa jenis kucing, ada satu jenis kucing yang tidak disukai bahkan dihindari untuk dipelihara yaitu kucing hitam.

Alasan kucing hitam tidak menarik minat pencinta kucing adalah karena mitos yang melekat pada mereka yang dijuluki kucing pembawa sial.

Menurut penelitian, sekitar 26,1 persen masyarakat merasa bahwa warna sangat penting ketika mengadopsi kucing. Sementara 23,9 persen netral dengan warna kucing. Sebanyak 50 persen orang berpendapat jika warna tak penting. Kucing yang paling dinginkan untuk dipelihara adalah kucing berwarna putih polos, abu-abu, hitam putih dan hitam cokelat.

Berikut 7 fakta menarik mengenai kucing hitam:

1. Ketakutan Irrasional Terhadap Kucing Hitam

penyihir, kucing hitam
Penyihir dan Kucing Hitam

Semenjak dahulu kala kucing hitam senantiasa menimbulkan teka-teki bagi orang-orang yang tidak pernah dekat secara pribadi dengan mereka. Orang-orang mungkin enggan menyeberang jalan bersama seekor kucing hitam karena dihantui oleh rasa takut yang tidak masuk akal. Faktanya mereka yang berkesempatan memelihara kucing hitam justru memiliki rasa sayang yang tak terkira.

Ketakutan irrasional terhadap kucing hitam kemungkinan besar berasal dari banyak cerita rakyat, ketika kucing hitam yang dianggap identik dengan para penyihir. Ungkapan umum "berburu penyihir" yang marak pada abad pertengahan di Eropa muncul dari semangat fanatik keagamaan yang menganggap penyihir (dan kucing hitamnya) sebagai sekutu iblis. Mereka kemudian diburu, ditangkap, disiksa sampai mereka mengakui dosa-dosa mereka dan akhirnya dibunuh, biasanya dengan dibakar di tiang pancang.

Hari ini, tentu saja pecinta kucing hitam sama sekali tak memiliki kemiripan sedikitpun dengan penyihir. Tetapi mereka adalah orang-orang yang kebetulan mencintai keindahan kucing hitam.

2. Beberapa Kucing Hitam Tidaklah "Murni Hitam"

kucing hitam
Kucing Hitam

Hitam adalah salah satu dari tiga warna dasar kucing yang disebut "murni." Dua lainnya adalah merah dan putih. Semua warna lain dan pola warna kucing adalah kombinasi dari dua atau tiga warna dasar itu.

Perbedaannya hanya masalah genetika. Struktur yang sangat rumit tentang gen yang dibawa turun temurun dari kucing ke kucing. Kucing dengan gen hitam yang dominan sering (tetapi tidak selalu) hitam murni dalam penampilannya. Seekor kucing dengan dua orang tua yang memiliki gen hitam dominan akan (hampir) selalu hitam murni. Namun, jika salah satu dari induknya memiliki gen resesif merah, anaknya mungkin juga membawanya. Ini penjelasan atas fakta bahwa bulu kucing hitam kadang-kadang tampak "berkarat" di bawah sinar matahari.

3. Pada Beberapa Kebudayaan, Kucing Hitam Dianggap Membawa Keberuntungan

kucing hitam
Kucing Hitam

Sebuah kepercayaan populer di beberapa belahan bumi barat menyatakan bahwa kucing hitam dianggap membawa tanda keberuntungan. Mitos ini memang pengecualian karena umumnya kucing hitam dianggap membawa kesialan. Namun di beberapa negara di Asia dan Inggris, kucing hitam dianggap tanda keberuntungan saat berpapasan dengan mereka.

4. Kucing Bombay, Kucing Hitam Hasil Rekayasa Genetik

kucing hitam, kucing bombay
Kucing Bombay

Sementara banyak jenis-jenis kucing hitam diakui telah ada atau merupakan hasil dari mutasi genetik yang terjadi secara alami, kucing Bombay adalah hasil dari penangkaran selektif selama bertahun-tahun dalam upaya untuk mengembangkan warna hitam yang disebut warna "Macan Kumbang".

Ini adalah satu-satunya jenis kucing yang diakui perkembang biakannya sangat dipengaruhi oleh teknologi dan tangan manusia. Kucing Bombay memiliki penampilan yang menakjubkan, ramping, dengan mata tembaga memukau dan warna hitam legam yang cemerlang. Kucing Bombay mudah beradaptasi sebagai hewan peliharaan dan penjaga rumah.

5. Ada 22 Kategori "Hitam" Pada Kucing Hitam

kucing hitam
Kucing Hitam

Selain kucing Bombay, yang tercantum di atas, Asosiasi Cat Fanciers, AS mendaftar 22 kategori warna "hitam" dalam jenis kucing hitam lainnya. Deskripsi warnanya cukup standar untuk semua keturunan mereka dan umumnya terbagi dalam tiga kelompok besar:

  1. Hitam Murni : Bulu berwarna hitam batubara, dari akar hingga ke ujung bulu. Bebas dari semburat warna merah karat. Hidung: hitam. Bantalan kaki: hitam atau coklat.
  2. Sphynx: bulu berwarna hitam dengan tingkat gradasi dari hidung sampai ujung ekor. Hidung: hitam. Bantalan kaki: hitam atau coklat.
  3. Ragamuffin: Meski tidak disebut hitam secara spesifik, standarnya memungkinkan untuk disebutkan sebagai "warna apapun, dengan atau tanpa corak putih".

6. Kucing Hitam Tidak Selalu Dinamakan Berdasarkan Warna Mereka

kucing hitam
Kucing Hitam

Meskipun banyak orang yang memiliki kucing hitam yang dengan tanpa imajinasi sekali menamakan kucingnya, Blackie, Ebony (di Indonesia nama yang paling umum mungkin "si hitam") itu bukanlah untuk menggeneralisasi. Faktanya banyak pula kucing hitam yang dinamakan bukan berdasarkan warna mereka seperti Charlie, Pablo, Olive, dan Jasmine, Floyd, dll

7. Hitam Adalah Warna Kucing Paling Populer

kucing hitam
Kucing Hitam

Dalam sebuah survey di AS tentang "warna kucing yang paling populer", hasilnya cukup mengagumkan. Ternyata hitam adalah warna paling populer diikuti oleh coklat, dan putih. Hal ini sesungguhnya tidaklah mengejutkan karena orang-orang yang berbagi kehidupan dengan kucing hitam miliknya umumnya tergila-gila dengan mereka!. (foxnews/tvsx)

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

28Komentar

  1. Kalau kucing hitam putih ada maksud ke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing Hitam-Putih = Kucing belang. Too ordinary, tak menarik untuk dibahas. :)

      Hapus
    2. menarik sekali ya kucing hitam, banyak cerita dibaliknya. ada yang menganggap beruntung ada yang malah sebaliknya.

      Hapus
    3. Tergantung darimana kita memandangnya, gan...

      Hapus
  2. Barusan ada kucing hitam..dia kan masuk lewat jendela kamar..lalu..tiba2 dia mau keluar rumah,tapi aku gak ijinin lewat jendela..trus tiba2 dia ke arah pintu.. Pdhal posisinya pintu nya sudah terkunci..ekh..anehnya masa tiba2 dia ada di jendela kamar..pdhal aku dri tadi dikamar..dan gak liat kucing hitam itu masuk kamarku..maka nya aku merasa aneh bngt...itu kucing atau apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada yang aneh, kok... bisa jadi pas itu kucing lagi jalan balik dari pintu ke jendela, Della pas lagi nggak ngelihat atau lagi meleng.

      Hapus
  3. kucing ku juga ada yang warna hitam barusan satu minggu di lahirkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat, yaa...
      Banyak yg bilang kucing hitam itu gimana-gimana, gitu...
      Padahal mereka kucing yg amat cantik. :)

      Hapus
  4. Kucing Hitam mmg yg paling mantep..
    Tapi klo mau yg lebih mantep ya Kucing garong.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing garong memang mantap, tapi lebih mantap lagi Kucing Kampus. :D

      Hapus
  5. Dari induk berbulu putih lahir 4 ekor anak, 2 putih selalu dan 2 lagi hitam selalu. anyway, aku sayang mereka tak peduli jenis warnanya. Memelihara hewan harus ikhlas, mencukupi kebutuhan mereka, memberi kasih sayang dan seMoga Allah akan mencatat pahala kita, memudahkan rezeki kita dan menjadikan kita insan yg pemurah dan lembut hati.

    BalasHapus
  6. Dalam falsafah Jawa, hewan peliharaan (bukan hanya kucing) termasuk Klangenan (penghibur hati). Memelihara, merawat, memberi makan mereka sudah pasti merupakan kewajiban kita, karena hewan peliharaan biasanya sudah kehilangan kemampuan mencari makan sendiri dan 100% hidupnya tergantung kepada kita sebagai tuannya.

    BalasHapus
  7. Memang kucing hitam sarat dengan mitos, ditempatku ada yang make kucing hitam sebagai penjaga rumah karena katanya itu candrawawa, dia punya tiga pusar mas.
    Tapi, sekarang katanya kucing itu ilang ndak tau kemana. Rumahku juga pernah disatroni kucing hitam, tapi tak kasih makan gitu aja, ndak punya pikiran macem2 sih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang telah dibahas dalam artikel diatas, apapun anggapan orang tentang kucing hitam itu kebanyakan hanya mitos dan yang namanya mitos itu bisa benar - bisa juga salah, meskipun lebih sering banyakan salahnya, sih...
      Sikap kita terhadap mereka tidak perlu neko-neko. Perlakukan saja mereka seperti kita memperlakukan hewan peliharaan kita yang lainnya misalnya ayam, burung, ikan mas koki, ular phyton, dll.

      Hapus
  8. kucing saya warnanya hitam mengkilap, tapi sama menamainya blue, kependekan dari bluek (buluk), hehehe... ga juga sih, krn waktu kecil mata dia biru pekat. tapi sayang sudah mati sebulan yang lalu, krn terlindas mobil tetangga. Dia sangat pintar dan ga kenal takut. beberapa kali ular yang mau masuk ke dalam rumah, dibunuh sama Blue. Enam bulan lalu dia sempat dibuang orang (tetangga dkt rumah), yang tidak suka dan takut sama kucing hitam, katanya saya punya ilmu sihir krn piara kucing hitam. dan lucunya si Blue dibuang ke masjid, untung ada salah seorang tetangga yg kenal sama kucing saya, dan memberitahu anak saya, hingga Blue bisa kembali ke rumah. sekarang mungkin dia sudah tenang di sana...

    BalasHapus
  9. Kucing hitam kan makhluk hidup juga. Klo ada sisa2 makanan ya sy berikan.. Tp itu yg tdk sy suka klo mau kawin uuuuu ribut betul.. Jdi terpaksa sy lempari pake sembarang. Maaf yah kucing hitam.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing kawin ribut, trus "begituannya" disembarang tempat itu sudah kodratnya. Ane pernah memelihara anak kucing jantan, trus waktu ada kucing kawin, ane bawa dia suruh lihat sambil ngomong: "Nahh... pus, kamu belajar pendidikan seks, yaa...". Ha...ha...ha...

      Hapus
  10. dari dulu ane miara kucing hitam ampe sekarang nuruttt banget dah kayak keluarga tidur sesukanya dll. udah biasa sama ni kucing, dan baru tau ternyata kucing hitam ada makna tersendiri hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang namanya hewan peliharaan, jika kita rawat dengan penuh kasih sayang maka mereka pasti akan membalasnya dengan kasih sayang yang sama.

      Hapus
  11. Kucing hitam gua senengnya kalau malam manjat pohon sampai
    tinggi skl dan ngak turun2, apa aja dilihat malam2 yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan-jangan kucing agan lagi nge-date sama mbak Kunti?. Secara mbak Kunti pan sukanya main ayun-ayunan di atas pohon. :D

      Hapus
  12. Aq punya persia hitam pekat...percaya atw tidak,setiap pulang kerja ngedeketin pengen di elus,dan gantian kucingku mijitin aq pake kedua kaki nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruntung sekali kamu punya kucing hitam Persia. Itu jenis yang langka. Seperti yang sudah saya sebut diatas, semua hewan peliharaan (bukan cuma kucing), jika kita rawat dengan penuh kasih sayang pasti mereka pasti akan membalasnya dengan kasih sayang yang sama.

      Hapus
  13. Kucing hitam harganya berapa min dipasaran,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu mimin yang sempat survey ke Pet Shop, harganya berkisar antara 1,5 sampai 2,5 juta tergantung umur dan jenisnya (Anggora atau Persia).
      Tapi mimin lebih suka berburu kucing hitam jenis kucing kampung coz susah bingitz dicarinya !!.:D

      Hapus
    2. Gw punya kucing hitam polos, full mulai hidung, telinga kaki sampai telapak kaki, cuma gak punya ekor mirip kucing manx tapi kucing kampung, klo tidur pasti tidur bareng, penurut, aktif juga gak mau jauh jauh dariku tiap harinya jagain trus, sukanya dusel aja

      Hapus
  14. Sy jg punya kucing hitam polos full item jenis kucing kampung, ane nemu d tmpat kerja, waktu ane pungut umurnya skitar 1 mngguan, skarang udah umur 6 bln ni si black, alhamdulillah nurut banget, yg bikin serem sekilas mirip macan kumbang

    BalasHapus