5 Cara Menolong Sahabat Anda Yang Tengah Depresi

helping friend 1
Depresi

Apakah anda pernah mengalaminya?, jika belum pernah, bersyukurlah!.

Tanyakan kepada mereka yang pernah berada dalam cengkeramannya, mereka tidak akan pernah dapat melupakannya.

Hidup seperti pertarungan panjang dan melelahkan menghadapi monster menakutkan. Hari-hari seperti marathon tanpa garis finish. Siang serasa menyiksa, malam bagai kesunyian tanpa akhir. Kemarau panas menyengat, hujan kesedihan tiada terperi.

Saat sahabat tercinta anda menderita depresi. Ini menghancurkan hati anda juga yang melihatnya. Segala sesuatu di dalam diri anda ingin menyeretnya keluar dari kungkungan depresi ke dunia sinar matahari dan kebahagiaan dan berbicara tentang betapa indah hidup ini. Mengingatkannya tentang tak terhitung karunia Tuhan yang telah diberikan kepadanya. Mungkin dengan begitu dia akan merasa lebih baik.

Saat sahabat tercinta anda tengah dilanda depresi, apa yang dapat anda lakukan untuk menolongnya?. Bersama-sama akan kita bahas perasaannya, sudut pandangnya, rasa sakitnya, dan kemudian solusinya. Berikut 5 cara yang dapat anda lakukan untuk menolong sahabat tercinta anda yang tengah dilanda depresi.

1. Tanyakan Apa Masalahnya

helping friend 2
Helping freind

Pertama-tama, minta sahabat anda menceritakan apa masalah sesungguhnya?. Apakah dia lelah karena bayi yang rewel?, apakah mengerjakan tugas-tugas rumah tangga telah menjadi tugas yang menjengkelkan?, mungkin cucian yang menumpuk ke langit-langit dan itu membuatnya ingin menyembunyikan di kolong tempat tidur, rumah yang berantakan. Atau tugas-tugas kantor yang mulai menimbulkan stress, Boss yang super cerewet dan tidak fair, dll... seribu juta masalah yang mungkin tengah membebani sahabat anda.

Yang harus anda lakukan adalah "Talk Less - Do More, Just Do It!". Asuh bayinya sehingga dia bisa mandi dan tidur sejenak. Bantu ia mencuci piring dan pakaian yang menumpuk. Setrika dan lipat cuciannya. Bantu ia mengerjakan tugas-tugas kantornya, besarkan hatinya untuk sabar menghadapi tingkah atasannya. Lakukan itu semua dengan tulus. Sungguh menakjubkan pengaruh dari bantuan-bantuan kecil yang dapat anda berikan untuk meringankan beban sahabat anda itu.

2. Pahami Bahwa Depresi Adalah Penyakit Fisik

helping friend 3
Helping Freind

Seluruh penyakit mental (depresi, stress, kegilaan, dll) disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia otak. Anda tidak akan memberitahu seorang yang patah kaki untuk "hanya berjalan keluar dan sembuh". Dengan cara yang sama, anda tidak dapat membuat depresinya hilang hanya dengan mengatakannya "sim salabim, depresimu hilang!". Jadi, bersabarlah. Sahabat anda sedang sakit, sakit yang menyusahkan, namun bisa disembuhkan. Dan itu membutuhkan dukungan total dari anda sebagai sahabatnya.

3. Berikan Bantuan Tanpa Diminta

woman friendship
Woman Freindship

Kadang-kadang, melakukan hal-hal kecil dapat membuat perbedaan besar. Menelepon untuk menanyakan keadaannya. Membesarkan hatinya dengan pelukan. Menawarkan bantuan untuk mengasuh anaknya,dll.

Memang tidak ada jaminan penuh bahwa hal-hal kecil namun tulus yang anda lakukan akan langsung merubah suasana hati sahabat anda seketika cerah saat bersama anda. Tetapi, itu tidak berarti anda tidak membantunya. Ingat, sekali lagi, bahwa depresi adalah penyakit. Dan sahabat anda sedang sakit. Jadi, cobalah untuk sabar dan tidak cepat tersinggung.

4. Pujilah Atas Upaya kecilnya

woman friendship 1
Woman Friendship

Apakah sahabat anda akhirnya mau keluar rumah dan berjalan-jalan bersama anda?, mencicipi menu starbuck terbaru?, window shopping bersama?, apakah rambutnya terlihat bagus? (meskipun sebenarnya tidak). Hal ini mungkin tampak klise, tetapi katakan padanya!. Katakan bahwa anda sangat bahagia bisa bersamanya lagi. Karena upaya yang nampak sepele bagi anda sesungguhnya memerlukan tekad yang luar biasa dari dirinya. Pujian kecil namun tulus akan sangat berarti bagi sahabat anda untuk keluar dari cengkeraman depresi mereka.

5. Kenali Batas Anda

woman friendship 2
Woman Friendship

Sahabat anda menderita penyakit yang membutuhkan intervensi profesional. Jika anda bukan dokter, jangan pernah mencoba-coba untuk menjadi dokter amatir. Menyarankan advis medis (padahal anda bukan dokter) tentang bagaimana mereka bisa "merasa lebih baik" benar-benar merupakan ide yang sangat buruk. Apa yang dapat anda lakukan sebagai sahabat terbaiknya adalah menjadi bahu untuk menangis, tangan untuk meraih, dan pelukan saat dibutuhkan.

Depresi adalah hal yang sulit. Tidak hanya bagi penderitanya, tetapi untuk orang-orang yang mereka cintai. Tapi anda, sebagai sahabat, dapat memiliki peran yang besar. Anda dapat membawa sinar matahari kepada sahabat tercinta yang tengah terjebak dalam kegelapan, nyanyian dalam kesunyian dan kehangatan dalam dinginnya hujan.

Dan itu adalah hal yang indah. Seindah persahabatan yang anda miliki. (huffingtonpost/tvsx)

5 Cara Menolong Sahabat Anda Yang Tengah Depresi, woman friendship 3
Love

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar