10 Kapal Raksasa Yang Pernah Dibuat

kapal raksasa
Kapal-kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat memiliki ukuran yang sangat mengagumkan.

Baik itu dalam panjang keseluruhan mereka (LOA), yang merupakan panjang maksimum kapal yang diukur antara titik-titik ekstrim dari haluan hingga buritan, maupun dari bobot mati Kapal (DWT) serta gross tonnage (GT).

Berikut daftar 10 kapal-kapal terbesar yang pernah dibuat berdasarkan jenis dan kelas kapal. Daftar ini mencakup seluruh kapal yang masih berlayar maupun yang sudah dipensiunkan.

1. Kapal Tanker Raksasa - Mont

Jahre Viking
Jahre Viking

Kapal tanker raksasa, Mont, memiliki banyak nama. Sebelumnya dikenal sebagai knock Nevis, Jahre Viking, Happy Giant dan Seawise Giant, adalah supertanker jenis ULCC. Hingga saat ini, Mont tercatat sebagai pemegang rekor kapal terbesar yang pernah dibangun. Setelah pelayaran terakhirnya di tahun 2009, kapal itu berlabuh selamanya di pelabuhan Mumbay, India.

Dibangun pada tahun 1979 oleh Sumitomo Heavy Industries, Ltd. di galangan kapal mereka di Jepang. Awalnya diberi nama Seawise Giant. Selama Perang Iran-Irak, kapal ini rusak oleh serangan angkatan udara Irak di Selat Hormuz pada tanggal 14 Mei 1988. Setelah diselamatkan dan diperbaiki, ia berlayar kembali dengan nama Happy Giant.

knock nevis
Komparasi Knock Nevis dengan gedung-gedung tinggi dunia

Pada tahun 1991 ia dibeli oleh Perusahaan pelayaran asal Norwegia, Jorgen Jahre dan berganti nama menjadi Jahre Viking. Berlayar di bawah bendera Norwegia dari tahun 1991 s/d 2004, ia dibeli oleh First Olsen Tankers Pte. Ltd dan berganti nama knock Nevis. Kemudian sekali lagi berganti nama menjadi Mont untuk pelayaran terakhirnya ke India untuk dipensiunkan.

10 kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat, knock nevis comparation
Komparasi Knock Nevis dengan kapal-kapal raksasa lainnya

Karakteristik umum
Tonase260.941 GT (214.793 NT)
Panjang458.45 m (1.504 ft )
Lebar68.8 m (226 ft)
Tinggi24.611 m (81 ft)
Kecepatan16 knots (30 km/h - 18 mph)
Kapasitas564.763 DWT


2. Kapal Kontainer - CSCL Globe

CSCL Globe
CSCL Globe

Pada bulan Mei 2013, perusahaan pelayaran China Shipping Container Lines (CSCL) memerintahkan pembangunan kapal pertama dari lima kapal kontainer berkapasitas 19.000 TEU di Hyundai Heavy Industries Co, Ltd (HHI), Korea Selatan. Upacara peluncuran kapal kontainer CSCL Globe digelar pada bulan November 2014.

CSCL Globe adalah kapal kontainer terbesar di dunia, berukuran panjang 400 m, lebar 58.6 m lebar dan tinggi 30.5 m, sebagai perbandingan, besarnya seluas empat kali lapangan sepak bola, dan digunakan pada perdagangan lingkar Asia-Eropa.

CSCL Globe ditunjang oleh 77.200 bhp mesin utama yang dikontrol secara elektronik untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan secara otomatis mengendalikan konsumsi bahan bakar sesuai dengan kecepatan kapal dan kondisi laut. Dengan memasang mesin dengan efisiensi tinggi, containership akan membakar bahan bakar 20 persen lebih sedikit per TEU dibandingkan dengan kontainer 10.000 TEU.

Karakteristik umum
Tonase186.000 GT
Panjang400 m (1.312 ft )
Lebar58.6 m (192 ft)
Tinggi15.5 m (51 ft)
Kecepatan25.5 knots (47.2 km/h - 29.3 mph)
Kapasitas19.000 TEU

3. Kapal Kontainer - Emma Maerks

emma maerks
Emma Maerks

Emma Mærsk adalah kapal kontainer pertama di E-class dari delapan kapal yang dimiliki oleh AP Moller-Maersk Group. Ketika diluncurkan pada tahun 2006 ia adalah kapal kontainer terbesar yang pernah dibangun, dan pada tahun 2010 ia dan tujuh kapal lainnya berada di antara daftar kapal kontainer terpanjang. Secara resmi, dia mampu membawa sekitar 11.000 unit twenty-foot setara (TEU) atau 14.770 TEU tergantung pada definisi. Pada bulan Mei 2010, adiknya, Ebba Mærsk memecahkan rekor muatan 15.011 TEU di Tanger-Med, Tangier, Aljazair.

Emma Maerks dibangun di Galangan Kapal Odense Steel di Denmark. Pada bulan Juni 2006, selama konstruksi, pekerjaan pengelasan menyebabkan kebakaran dalam suprastruktur. Hal ini menyebar dengan cepat melalui bagian akomodasi dan jembatan, yang menyebabkan tertundanya penyelesainya enam sampai tujuh minggu.

Diluncurkan dalam sebuah upacara pada tanggal 12 Agustus 2006, dan diberi nama Emma yang merupakan nama istri Mc-Kinney Møller-Maerks, pemilik AP Moeller-Maerks Group. Berlayar di pelayaran perdananya pada tanggal 8 September 2006 dari Aarhus, melintasi Gothenburg, Bremerhaven, Rotterdam, Algeciras, Terusan Suez, dan tiba di Singapura pada tanggal 1 Oktober 2006.

Berlayar kembali hari berikutnya menuju Yantian, Shenzhen, Kobe, Nagoya, dan tiba di Yokohama pada tanggal 10 Oktober 2006. Setelah membongkar muatan kembali melalui Shenzhen, Hong Kong, Tanjung Pelepas, Terusan Suez, Felixstowe, Rotterdam, Bremerhaven, Gothenburg ke Aarhus, tiba di 11 November 2006.

Pada tahun 2008 Emma Maerks muncul dalam sebuah episode dari serial dokumenter TV yang merekam pelayarannya antara Malaysia dan Spanyol. Pada tahun 2011, Bank Nasional Denmark mengeluarkan koin peringatan 20 DKK untuknya.

Karakteristik umum
Tonase170.794 GT
Panjang397 m (1.302 ft )
Lebar56 m (184 ft)
Tinggi16.02 m (52,6 ft)
Kecepatan24 knots (43.2 km/h - 27.6 mph)
Kapasitas14.770 TEU + 1000 TEU (Cooler Container)

4. Kapal Pembongkaran Dan Pemasangan Pipa - Pieter Schelte

Pieter Schelte ship
Pieter Schelte

Pada bulan Juni 2010 galangan kapal Allseas mendapat kontrak untuk membangun kapal Pieter Schelte, yang memiliki panjang 382 m, lebar 124 m. Kapal ini diposisikan secara dinamis (DP) berplatform instalasi/pembongkaran dan pemasangan pipa kapal, ke galangan kapal Korea Selatan Daewoo.

Pieter Schelte meninggalkan Korea Selatan pada tanggal 19 November 2014 dan dijadwalkan tiba di pelabuhan Rotterdam, Belanda, Desember 2014.

Dari Pelabuhan Rotterdam, kapal akan dibawa ke Maasvlakte 2, masih di kawasan pelabuhan Rotterdam, di mana dok khusus telah disiapkan untuk pemasangan anjungan kapal. Setelah selesai, ia akan berlayar ke proyek South Stream di Laut Hitam untuk meletakkan pipa di sana.

Kapal tersebut akan digunakan untuk menginstal dan membongkar rig minyak dan gas lepas pantai serta untuk memasangkan pipa minyak/gas ke dasar laut.

Allseas mengatakan Pieter Schelte, yang dibangun oleh Daewoo Heavy Industries di Korea Selatan, akan dapat mengangkat beban setara 48.000 ton.

Karakteristik umum
Panjang382 m (1.253 ft )
Lebar124 m (407 ft)
Tinggi Max10-25 m (32-82 ft)
Kecepatan14 knots (26.6 km/h - 18.4 mph)
Kapasitas48.000 t (105.820 kips)
Total Daya Terpasang95.000 KW

5. Kapal Super Tanker - TI-Class

TI-Asia
TI Asia

Di dunia saat ini ada terdapat empat kapal super tanker - TI-Class yaitu kapal TI-Afrika,TI-Asia, TI-Eropa dan TI-Oseania. Kode "TI" di depan nama kapal mengacu kata Tankers International, operator dari ULCCs pertama (kapal pengangkut minyak Ultra-besar) yang akan dibangun selama 25 tahun.

Keempat kapal tanker minyak dibangun untuk perusahaan pelayaran Hellespont di Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering di Okpo, Korea Selatan pada tahun 2002/3. TI-Class ini awalnya bernama Hellespont Alhambra, Hellespont Fairfax, Hellespont Metropolis dan Hellespont Tara.

Pada tahun 2004, Hellespont Alhambra dan Hellespont Tara dibeli oleh Overseas Shipholding Group (OSG) dan mengubah nama mereka menjadi TI-Oseania dan TI-Afrika. Kemudian Euronav NV, sebuah perusahaan pelayaran Belgia, membeli Hellespont Alhambra dan Hellespont Metropolis dan mengganti nama mereka menjadi TI-Asia dan TI-Eropa.

Karena Kapal-kapal ini lebih lebar dari pintu masuk Terusan Panama, maka dalam pelayarannya menuju Eropa-Amerika terpaksa harus menempuh perjalanan lebih jauh dengan memutari semenanjung Magellan di Argentina.

Karakteristik umum
Tonase234.006 GT
Panjang380 m (1.246 ft )
Lebar68 m (223 ft)
Tinggi24.5 m (80 ft)
Kecepatan16.5 knots (30.6 km/h - 19.0 mph)
Kapasitas3,166,353 barrels (503.409.900 lt)


6. Kapal Bulk Carrier - MS Vale Brasil

MS Vale Brasil
MS Vale Brasil

MS Vale Brasil adalah kapal bulk carrier terbesar yang pernah dibangun di antara kapal-kapal terpanjang yang masih aktif dalam pelayaran. Dia adalah anggota dari armada perusahaan pelayaran Valemax yang disewa oleh perusahaan tambang raksasa Brasil, Companhia Vale do Rio Doce (Vale) untuk membawa bijih besi dari Brasil ke pelabuhan Eropa dan Asia.

MS Vale Brasil adalah kapal pertama yang dibangun dari tujuh kapal berkapasitas angkut 400.000 ton bijih besi (VLOC). Dia diluncurkan pada bulan Desember 2010.

Pada tahun 2008, Vale membuat kontrak pesanan untuk dua belas kapal sejenis yang akan dibangun oleh Jiangsu Rongsheng Heavy Industries (RSHI) di Cina dan tujuh kapal lainnya di Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korea Selatan, pada tahun 2009.

Karakteristik umum
Tonase198.980 GT (67,993 NT)
Panjang362 m (1.188 ft)
Lebar65 m (213 ft)
Tinggi23 m (75 ft)
Kecepatan15.4 knots (28.5 km/h - 17.7 mph)
Kapasitas402.347 DWT

7. Kapal Pesiar - Oasis Of The Seas Dan Allure Of The Seas

oasis of the seas and allure of the seas
Oasis of The Seas and Allure of The Seas

Kapal pesiar terbesar di dunia (dan kapal penumpang pada umumnya) adalah Oasis of the Seas dan Allure of the Seas. Kapal ini milik Royal Caribbean dari kelas yang sebelumnya dikenal sebagai Project Genesis.

Oasis of the Seas, mulai dibangun bulan Februarai 2006 dan diserahkan kepada Royal Caribbean pada tanggal 28 Oktober 2009. Kembarannya, Allure of the Seas, meninggalkan galangan kapal STX,Turku, Finlandia pada tanggal 29 Oktober 2010.

Walaupun kedua kapal memiliki struktur bangunan identik, Allure 50 milimeter lebih panjang dari Oasis, yang membuat dia secara teknis menjadi kapal pesiar terbesar di dunia.

Dengan biaya pembangunan € 900.000.000 (US $ 1.24 miliar), Oasis of the Seas adalah kapal komersial yang paling mahal yang pernah dibangun.

Kelas Oasis telah melampaui kelas sebelumnya yaitu kelas Freedom sebagai kapal penumpang terbesar di dunia. Dengan panjang keseluruhan 360 m (1.181 ft), Oasis lebih panjang 21 meter (69 kaki) dari kapal penumpang terbesar sebelumnya, Freedom of the Seas. Oasis juga 8.5 meter (28 ft) lebih luas, dan dengan tonase kotor sebesar 225.282 t menjadikannya hampir 45% lebih besar dari Freedom.

Karakteristik umum
Tonase225.282 GT
Panjang360 m (1.181 ft)
LebarBatas Air 47 m (154 kaki); Dek Teratas 60.5 m (198 ft)
Tinggi93 m (305 ft)
Kecepatan22,6 knots (41.9 km/h - 26.0 mph)
Kapasitas5.400 penumpang (hunian ganda) - 6296 (maksimum) (+ 2.394 awak)

8. Kapal Pengangkut LNG - Q-Max

Q-Max-Mozah
Q Max Mozah

Q-Max adalah kapal terbesar dari jenis kapal pengangkut gas alam cair dunia.

Empat belas Q-Max kapal telah dibangun: Mozah, Al Mayeda, Mekaines, Al Mafyar, Umm Slal, Bu Samra, Al-Ghuwairiya, Lijmiliya, Al Samriya, Al Dafna, Shagra, ZARGA, Aamira dan Rasheeda. Mereka semua dioperasikan oleh Nakilat (Qatar Gas Transport Company) dan mereka dibangun oleh tiga galangan kapal yang berbeda: Samsung Heavy Industries, Hyundai Heavy Industries dan Daewoo Shipbuilding Marine Engineering.

Dalam nama mereka, Q-Max, "Q" adalah singkatan dari Qatar dan "Max" untuk ukuran maksimum kapal yang dapat berlabuh di terminal LNG di Qatar.

Kapal Q-Max LNG pertama, Mozah, dibangun pada November 2007. Upacara penamaan diadakan pada 11 Juli 2008 di galangan kapal Samsung Heavy Industries di Korea Selatan.

Pelayaran perdana kapal tanker Q-Max, Mozah dimulai tanggal 11 Januari 2009, ketika kapal membawa 266.000 meter kubik LNG ke Pelabuhan terminal BBG Bilbao, Spanyol. Sehari sebelumnya, kapal transit di Terusan Suez untuk pertama kalinya.

Karakteristik umum
Tonase162.400 GT
Panjang345 m (1.132 kaki)
Lebar53,80 m (177 kaki)
Tinggi12 m (39 kaki)
Kecepatan19.5 knots (37 km/h - 22.5 mph)
Kapasitas266.000 m3 (9.393.701 ft3)

9. Kapal Penumpang - RMS Queen Mary 2

RMS  Queen Mary 2
RMS Queen Mary 2

RMS Queen Mary 2 adalah kapal penumpang transatlantik terbesar di dunia. Dia adalah penerus dari kapal penumpang RMS Queen Elizabeth 2 dan kapal laut besar pertama yang dibangun sejak RMS Queen Elizabeth 2 tahun 1969.

Kapal itu diberi nama RMS Queen Mary 2 oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2004 setelah kapal pertama seri RMS Queen Mary, selesai pada tahun 1936. Queen Mary adalah nama lain dari Maria of Teck, permaisuri Raja George V. Dengan pensiunnya RMS Queen Elizabeth 2 dari tugas aktif pada tahun 2008, RMS Queen Mary 2 saat ini hanya menjadi kapal penumpang transatlantik dalam pelayanan reguler antara Southampton dan New York, meskipun kapal ini sering juga melakukan pelayaran keliling dunia tahunan.

RMS Queen Mary 2 dimaksudkan terutama untuk menyeberangi Samudera Atlantik. Oleh karena itu dirancang berbeda dari banyak kapal penumpang lainnya.

Pada tahun 2003, pada saat konstruksinya sedang dibangun, RMS Queen Mary 2 adalah yang kapal penumpang terpanjang, terluas, dan tertinggi yang pernah dibangun, dan dengan tonase kotor 148.528 GT, dia juga yang terbesar. Tetapi setelah pembangunan MS Oasis of The Seas milik Royal Caribbean International, oktober 2009, yang memiliki berat kotor 225.282 GT, RNMS Queen Mary terpaksa harus melepaskan gelar "ter"nya.

Meskipun setelahnya banyak dibangun kapal pesiar baru yang lebih besar, RMS Queen Mary 2 tetap tercatat sebagai legenda kapal laut terbesar (sebagai lawan kapal pesiar) yang pernah dibangun.

Karakteristik umum
Tonase148.528 GT
Panjang345 m (1.132 kaki)
Lebar41 m (135 kaki)
Tinggi110 m (360 kaki)
Kecepatan30 knots (56 km/h - 35 mph)
Kapasitas2.620 penumpang (+ 1.253 awak)


10. Kapal Induk USS Enterprise (CVN-65)

uss enterprise
USS Enterprise

Kapal perang terbesar dunia adalah kapal induk bertenaga nuklir USS Enterprise (CVN-65) (sebelumnya CVA (N) -65), dia termasuk kelompok kapal induk pertama yang bertenaga nuklir dunia dan ke delapan dalam Angkatan Laut Amerika Serikat.

USS Enterprise dibangun oleh perusahaan galangan kapal Newport News Shipbuilding dan Drydock dan dan bertugas di US Navi sejak 25 November 1961. Seperti pendahulunya yang mendapat ketenaran dalam Perang Dunia II, dia dijuluki "Big E". Dengan panjang 342 m (1.123 kaki), dia adalah kapal angkatan laut terpanjang di dunia. USS Enterprise memiliki awak sebanyak 4.600 orang.

Sebagai satu-satunya kapal induk dikelasnya, Enterprise adalah kapal kedua tertua di Angkatan Laut Amerika Serikat, setelah kapal frigate bertiang tiga USS Constitution. Kapal ini juga menjadi satu-satunya kapal induk yang ditenagai oleh dua reaktor nuklir.

Awalnya USS Enterprise dijadwalkan pensiun antara tahun 2014 atau 2015, tergantung pada sisa bahan bakar reaktor nuklirnya serta menunggu penyelesaian penggantinya, USS Gerald R. Ford. Namun berdasarkan Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional Tahun Anggaran 2010, USS Enterprise akhirnya diputuskan pensiun tahun 2013. Dengan demikin dia telah bertugas selama 51 tahun berturut-turut, lebih lama daripada kapal induk AS lainnya.

Karakteristik umum
Pemindahan 93.284 ton panjang (94.781 t) Beban Penuh
Panjang342 m (1.122 kaki)
Lebar40,5 m (133 ft) (garis air) - 78.4 m (257 kaki) - (ekstrim)
Tinggi12 m (39 kaki)
Kecepatan33.6 knots (62.2 km/h - 38.7 mph)


In Progress - Freedom Ship

freedom ship
Image Artist for Freedom Ship

Seandainya berhasil dibangun, ini akan menjadi salah satu kapal terbesar, terpanjang, termegah yang pernah dibuat manusia. Kakek moyangnya kapal-kapal raksasa. Proposal The Freedom Ship Project pertama kali diajukan pada akhir tahun 1990-an, dan dirancang untuk menjadi sebuah kota terapung.

Ia memiliki barisan kondominium yang cukup untuk 50.000 orang. Sebuah lapangan terbang di dek teratasnya, sekolah, kantor dan bahkan kasino. Kapal ini memiliki panjang hampir 1.5 km (tiga kali panjang Seawise Giant/Mont - kapal terbesar yang pernah dibuat sampai saat ini). Perkiraan biaya pembangunannya adalah ada sebesar US $ 11 miliar ! (Rp. 13.200. trilyun, hampir enam kali lipat APBN RI 2014-2015).

Sayangnya, rencana pembangunan kapal ini mungkin cuma berhenti diatas kertas. Sejak dicanangkan tahun 2008, rencana proyek ini belum pernah diperbarui. Selain biaya pembangunannya yang "tidak masuk akal", juga saat ini belum ada satupun galangan kapal yang cukup besar bahkan sekedar bermimpi untuk membuatnya!.

Karakteristik umum
JenisKota Terapung (Kasino, Sekolah, Hotel, Perkantoran, Mall, Apartemen, Mini Hospital, Airport)
Lebar atap106.7 m (350 kaki)
Lebar Badan225 m (738 kaki)
Panjang1.371 m (4.498 kaki)
Tinggi Apartemen25 Lantai
Apartemen18.000 Unit
Perkantoran3000 Bidang
Hotel10.000 Kamar
Time-Share2400 Unit

(wiki/tvsx)

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

4Komentar

  1. Betul-betul wawasan Tvsoax ini hehe
    ditunggu kabar menarik lainnya :D

    BalasHapus
  2. Thanx wat visiting n' komennya. :)
    Teteup semangat ngeblog biar admin-adminnya lagi diuber-uber kerjaan. Hahahahaha...

    BalasHapus
  3. Pengalaman ya menyenangkan wkt ma di pelayaran ex sailor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti pengalaman yg mengasyikkan, yaa...?.
      Sayang Admin blog ini termasuk golongan manusia daratan asli, yg mabok laut bahkan di atas kapal ferry Merak-Bakauheuni. Wakakakakak...
      .

      Hapus